Sunday, November 9, 2014

EIGER's New Logo - Stronger, Bigger, Aggressive ...

Sejak awal tahun 2014 ini, logo Eiger sudah berubah dan telah menggunakan logo baru. Berbeda dengan logo lama yang membentuk pola gambar segitiga warna biru di dalam lingkaran berdasar warna merah, logo Eiger yang baru tampil tanpa lingkaran. Dari logo baru ini, saya menangkap energi dan spirit petualang yang "bebas" dan tidak terkungkung di dalam batasan. Inilah semangat petulang sebenarnya. Dan inilah yang diangkat oleh logo Eiger yang baru tersebut.

Perubahan cukup ekstrim pun dilakukan pada penggunaan warnanya, di mana di masa lalu, logo Eiger memang dominan warna biru dan merah yang sudah melegenda. Namun kini, logo tersebut menggunakan warna Orange, putih, dan abu-abu.

Dalam psikologi warna, Orange merupakan warna petualang, menggambarkan suasana hati yang bebas, ceria, dan hangat. Orange merupakan warna yang menguatkan dan memberi semangat di saat masa susah, menyembuhkan kepiluan, dan menghapus kekecewaan. Orange juga merupakan warna optimistik yang selalu bisa mencari jalan keluar dari berbagai masalah.

Putih dikenal sebagai warna suci, sebagai pelambang hati para pendaki yang mendaki dengan ketulusan hati. Putih juga merupakan warna awan, dan salju yang berada di atas puncak bukit tertinggi, yang merupakan tujuan utama para pendaki yang melakukan perjalanan berat dan jauh.

Dan abu-abu adalah warna tenang yang merupakan gambaran dari jiwa petualang yang melakukan pendakian dengan hati dan perasaan yang tenang. Abu-abu adalah warna kekompakan, kebersamaan, bertanggung-jawab, kedewasaan, dan harmoni, yang menggambarkan kebersamaan para petualang dalam melakukan perjalanan bersama-sama, serta hidup harmoni dengan alam sekitar.

Cukup menarik sekali saat saya mengetahui pula filosofi logo baru dari Eiger (yang saya dapatkan di website mereka di www.eigeradventure.com), yang mana berbunyi :

Mount Eiger is unique,
Mount Eiger is aggressive,
Mount Eiger is asymmetrical with ridgesand faces :
So is our logo !

Terasa sekali aura petualangnya sangat kental, sejalan dengan logo baru yang mereka gunakan.

Di pasaran saat ini, saya melihat sudah banyak tas dan produk Eiger yang telah menggunakan logo baru. Namun masih ada juga produk yang masih mengunakan logo lama. Bukan tanpa alasan logo lama masih tetap dipertahankan. Menurut informasi dari beberapa orang Wiga (Wiraniaga) yang saya temui di Eiger Store, mereka menjelaskan bahwa beberapa produk masih menggunakan logo lama karena permintaan para Eigerian juga yang menginginkan produk dengan logo lama tetap ada, mengingat beberapa Eigerian memiliki "sentimen pribadi" dan kesan mendalam pada tas berlogo Eiger lama.

Logo Lama & Logo Baru Eiger
Selain itu, beberapa produk masih tetap dipertahankan menggunakan logo lama karena untuk menampilkan bentuk klasik dari tas Eiger. Jadi selain produk berlogo baru untuk Eigerian muda (dan yang masih berjiwa muda), Eiger juga punya produk klasik, yang akan menjaga kenangan tersendiri bagi para Eigerian Senior yang pernah melakukan petualangan terbesarnya bersama tas Eiger di masa lalu.

New Eiger is Stronger, Bigger, and (more) Aggresive .....

It's sooooo cool, Man ....

Love it ....


3 comments: