Saturday, September 22, 2012

Art # 1170 - Wonderlust 75L

Melakukan perjalanan jauh menembus hutan belantara tentunya butuh kesiapan mental dan fisik yang baik, serta perlengkapan yang lengkap. Untuk dapat menampung perlengkapan tersebut, dibutuhkan tas yang cukup besar, kuat,dan enak untuk dibawa selama perjalanan jauh tersebut.

Baru-baru ini, saya "jatuh hati" dengan tas ransel (racksack) Eiger berartikel #1170 - Wonderlust. Tas yang dibuat dengan kombinasi warna Merah, Abu, dan Hitam ini terbilang cukup gagah. Seperti ransel pada umumnya, tas ini tidak memiliki banyak kompartemen karena memang diperuntukkan untuk perjalanan outdoor jarak jauh. Paling kompartemen yang dimiliki adalah untuk menyimpan cover bag (penutup tas) di bagian atas ransel.

Bagian dalam tas ini menggunakan bahan Oxford anti air yang cukup baik. Tidak tebal dan kaku, sehingga terlihat sangat fleksibel. Isinya cukup besar (75 Liter) sehingga dapat mengisi pakaian dan perlengkapan travelling hingga 5-7 hari. Ada tempat untuk menyimpan botol minum yang tersembunyi di bagian belakang tas.

Dan sekali lagi, saya terkesan dengan back system Eiger yang sangat inovatif : menggunakan bahan poly foam warna kuning yang membentuk tonjolan-tonjolan yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke bagian punggung saat pengguna menggendong tas, sehingga terasa nyaman untuk digunakan. Teknologi ini disebut dengan Aeronobus Back System. Saya merasakan kenyaman yang lumayan baik saat mencoba menggendong tas ini dan melakukan "perjalanan kecil" menaiki serta menuruni bukit-bukit kecil di sebuah kawasan wisata di daerah Lembang, Bandung. Sayangnya, mungkin karena busa yang digunakan terlalu tebal, saya merasa ada ganjalan yang sedikit "mengganggu" punggung saat meloncat melewati kali-kali kecil.

Tas ini dilengkapi peluit yang dipasangkan di buckle depan (di dada) yang dapat berfungsi sebagai panduan manakala kita tersesat di tengah hutan.

Secara umum, ransel ini cukup mampu menjawab kebutuhan para traveller yang punya hobi berjalan menembus hutan atau melakukan kegiatan outdoor. Hanya saja kekurangan dari ransel ini adalah dari segi penampilannya yang tampak rumit. Pita webbing yang terjuntai-juntai mungkin sedikit mengganggu bagi orang-orang yang menyukai kerapian dan penampilan yang simpel. Busa pada back-system dan sayap tas (wing bag) yang tebal pun terasa cukup merepotkan jika tas ini dikenakan oleh orang-orang bertubuh tambun (seperti saya....^_^....). 


No comments:

Post a Comment