Tuesday, September 11, 2012

Eiger Go Green .... In Real Action ....

Ketika perusahaan-perusahaan lain baru sebatas mencanangkan program "Go Green", ternyata - tanpa banyak basa-basi - Eiger sudah melakukan program "Go Green" sejak 3 tahun lalu. Hal ini baru saya ketahui kemarin (11 September 2012) saat mendapatkan kesempatan berkunjung ke salah satu lahan penyemaian tanaman milik Eiger di Lembang.

Di lahan seluas setengah lapangan sepak bola tersebut, terdapat ratusan ribu bibit tanaman - beberapa di antaranya adalah tanaman langka - yang sedang dibudidayakan. Usia tanaman yang ada di sana cukup beragam, mulai dari seminggu hingga tiga bulan. Beberapa tanaman langka yang dibudidayakan di sana adalah Pancasila (Tabebuia rosea), Mahoni Uganda (Khaya antotheca), Dadap Blendung (Erytrina sp), Lame (Alstonia scolaris), Sapu Tangan (Maniltoa gemifara), Pucuk Merah (Syzigtum oleina), dan lain-lain.

Selama tiga tahun terakhir ini, Eiger telah mengirimkan jutaan tanaman dan pohon ke seluruh Indonesia guna pelaksanaan program penghijauan Indonesia. Salah satu prestasi Eiger yang - menurut saya - cukup luar biasa adalah pengiriman tiga juta pohon untuk penghijauan Pulau Samosir yang dilakukan Eiger di tahun 2012 ini. Selain Pulau Samosir, beberapa pulau lain di Indonesia yang sedang mengalami krisis pohon akibat penebangan liar pun sedang menjadi perhatian Eiger. Diharapkan dalam waktu dekat, dengan bekerja sama bersama aparat pemerintah setempat, Eiger dapat melakukan penghijauan kembali daerah tersebut.

Kita pun - para Eigerian - dapat turut serta dalam kegiatan penghijauan Indonesia dengan menanami halaman dan lingkungan sekitar menggunakan berbagai tanaman dan pepohonan. Jika kita tidak tahu dan bingung mencari bibit pohon atau pun tanaman untuk menanam di lingkungan, jangan kuatir. Karena sejak Agustus lalu, Eiger telah menggelar program "Tree Adoption" di mana untuk setiap pembelian tas atau pun semua produk Eiger senilai Rp 100.000, para konsumen Eiger mendapatkan bibit pohon yang dapat digunakan untuk ditanam di halaman dan lingkungan sekitar.

Dengan diselenggarakannya program ini, Eiger berharap kita bersama-sama dapat tetap menghijaukan lingkungan kita. Sehingga program "Go Green" tidak hanya sekedar wacana atau "lip-service" namun juga benar-benar ada gebrakan nyatanya.

Program ini akan terus berjalan dan diharapkan Indonesia dapat tetap menjadi "Paru-paru Dunia" agar hidup kita menjadi lebih baik.

Sukses untuk program "Go Green"-nya ya, Eiger.....




2 comments:

  1. Tree Hugger/HP IrawanOctober 2, 2012 at 4:50 AM

    Nice blog for nature enthusiasts like me:)

    BTW, dimana alamat lengkap kebun penyemaian Eiger di lembang Bung Chandra?

    ReplyDelete
  2. Alamat lengkapnya saya ga jelas, karena lokasinya di daerah pedesaan di Lembang (Bandung), dekat Kampung Gajah. Mungkin info lengkapnya bisa ditanyakan ke rekan-rekan di Eiger di www.eigeradventure.com. ^_^

    ReplyDelete